Pada level awal (sebelum Veteran), kamu tidak bisa mengatur status apa yang akan ditingkatkan untuk karakter kamu karena saat naik level maka status akan otomatis ter-isi. Berikut adalah penjelasan untuk setiap status pada Granado Espada.
STR (Strength)
atribut utama untuk meningkatkan melee ATK
AGI (Agility)
satu-satunya attribut untuk meningkatkan speed semua normal melee, range, and magic attacks
satu-satunya attribut untuk meningkatkan block rate
satu-satunya attribut untuk meningkatkan evasion rate
2nd attribut untuk meningkatkan melee and range ATK
CON (Constitution)
satu-satunya attribut untuk meningkatkan base HP
satu-satunya attribut untuk meningkatkan daya tahan terhadap knockdown dari normal attacks
DEX (Dexterity)
atribut utama untuk meningkatkan range ATK
satu-satunya atribut untuk meningkatkan critical rate
satu-satunya atribut untuk menambah accuracy
satu-satunya atribut untuk menambah efisiensi dari traps dan konstruksi (turrets, blades, dll)
shared attribut (dengan INT) untuk meningkatkan efisiensi dari healing skills
INT (Intelligence)
satu-satunya atribut untuk peningkatan magic ATK
satu-satunya atribut untuk peningkatan magic RES
shared attribut (dengan DEX) untuk meningkatkan efisiensi dari healing skills
CHA (Charisma)
satu-satunya atribut untuk meningkatkan efisiensi summonables (Catherine’s dolls, Viki’s golems and pets, ambers, spinelles, dll)
Catatan:
Setiap point di STR diatas 50 meningkatkan melee ATK 2% dan setiap point STR dibawah 50 mengurangi melee ATK 2%. Demikian juga untuk DEX dan range attack. Setiap point di AGI diatas 50 meningkatkan melee dan range ATK 1%. Tidak ada pinalti untuk AGI dibawah 50. Ini berlaku untuk semua melee dan range attack, tanpa memperhatikan jenis senjata. Efek kombinasi dari STR/DEX dan AGI telah direvisi beberapa kali. Saat ini, paling tidak di sGE, efek kombinasi sangat digemari, dan formula melee ATK yang efektif untuk AGI diatas 50 adalah
Formula untuk karakter meele dengan AGI di atas 50
effective ATK = base ATK * [1 + (STR-50)/50 + (AGI-50)/100]
Formula untuk karakter meele dengan AGI di bawah 50
effective ATK = base ATK * [1 + (STR-50)/50]
STR & DEX untuk ranged karakter
Hybrid melee-dan-range stances, misal Heaven or Hell dan Avance Garde, dipengaruhi STR, DEX, and AGI berbeda. Formula untuk ATK dari hybrid melee dan range stances, adalah:
effective ATK = base atk * [1 + (STR-50)/50 + (AGI-50)/100] * [1 + (DEX-50)/50 + (AGI-50)/100]
Hal ini berarti untuk hybrid stance menambahkan STR atau DEX memberi kenaikan ATK yang sama, dan memberikan point ke AGI menambahkan lebih banyak ATK daripada memberi ke STR atau DEX. Hal diatas benar jika diamati dari stat character, tapi kinerja sesungguhnya dari hybrid stance ini tergantung dari kehalian menyerang dan skill. Dalam prakteknya, baik Heaven or Hell dan Avance Garde, STR lebih efektif sedikit dalam meningkatkan normal attack dmg, DEX lebih meningkatkan sedikit hybrid skill dmg, dan AGI seimbang diantara keduanya (Stat point mana yang ingin ditambahkan untuk spesialis hybrid, jawabanya subjektif tergantung dari cara kamu bermain).
DEX meningkatkan akurasi dari melee dan range stances (DEX-50)*0.5, misal.
tiap point di DEX diatas 50 meningkatkan akurasi sejumlah 0.5 dan setiap point di DEX dibawah 50 mengurangi akurasi sejumlah 0.5. Melee stance punya 100 base akurasi dan character dengan DEX dibawah 50 akan mengurangi akurasi dari stance tersebut.
DEX meningkatkan base stance critical rate pada DEX/50. Formula untuk critical yang efektif adalah 5 + (DEX/50)*(stance bonus) + (tambahan crit dari bonus equipment).
Tiap poin di AGI diatas 50 menambah normal attacks sebesar 1% dan setiap point di AGI dibawah 50 mengurangi normal attacks sebesar 1%. AGI tidak mempengaruhi animasi skill, skill casting, atau kecepatan pergerakan character. STR tidak memberi efek terhadap heavy weapon attack speed.
AGI meningkatkan base Block (AGI+50)/100. Efektif Block [(AGI+50)/100]*(stance bonus + base shield block) + (tambahan block dari bonus equipment).Keefektifan Evasion dihitung dengan cara yang sama.
INT meningkatkan base RES dari equipment dan stances (INT+50)/100. Characters dengan INT dibawah 50 akan terkena pinalti.
Knockdown rates dari skills sudah fixed dan tidak terpengaruh oleh STR dan CON.
..........
Tidak ada komentar:
Posting Komentar